Jumat, 20 April 2018

LIMAU KACANG

Limau Kacang ( Citrus Nobilis )
Orang Sumatera Barat tiga dekade yang lalu tentu tidak akan lupa dengan Limau Kacang, Limau yang pernah populer dengan citarasanya.

Sangat pantas menjadi komonditi unggulan Sumatera Barat bahkan Nusantara karena citarasa yang khas dan istimewa.

Pernah menjadi jeruk primadona Sumatera Barat bahkan Nusantara. Akibat penyakit ditahun 1970 an, Limau Kacang ini nyaris punah, sekarang sisa-sisa penyakit tersebut mulai tumbuh lagi di Kacang, uniknya Limau ini hanya yang tumbuh di Kacang saja yang mempunyai cita rasa yang khas.

Untuk itu diharapkan Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Kementrian Pertanian untuk mendorong kembali masyarakat Nagari Kacang untuk membudidayakan Limau Kacang

Masyarakat Nagari Kacang sangat berharap uluran tangan Pemerintah untuk membantu Pembudidayaan kembali, sekaligus menjaga Limau Kacang ini dari kepunahan.

Kepedulian para Peneliti dari Balai Penelitian, LIPI dan Perguruan Tinggi bidang Pertanian tentu sangat di harapkan untuk membangkit kembali Pelestarian Limau Kacang ini, sekaligus menjaga dari kepunahan.

Pada saatnya kita semua berharap Limau Kacang ini kembali menjadi Limau Primadona Nusantara, sebagai Limau unggul dengan cita rasa yang khas dan tiada duanya.

Semoga menjadi kenyataan....
Amin Ya Robbal'alamin.

Penulis : Metri Hasan

5 komentar:

  1. Terima kasih kontribusi tulisannya Uda Metri, semoga masyarakat Nagari Kacang kembali bangkit membudidayakan limau Kacang yang telah melegenda.

    BalasHapus
  2. Terima kasih kontribusi tulisannya Uda Metri, semoga masyarakat Nagari Kacang kembali bangkit membudidayakan limau Kacang yang telah melegenda.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah
    Sama-sama Pak Muslih.

    BalasHapus
  4. Sy ingin mengetshui lebih

    BalasHapus
  5. Dimana tempat pembibitan limau kacang tersebut ,apakah sudah ada dijual secara masal ?

    BalasHapus